Tuesday, March 06, 2012

TIPS dan Panduan Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Secara singkat PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tinakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki dimana praktek-praktek pembelajaran dilaksanakan.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) antara lain :
1. Melakukan perbaikan dan peningkatan layanan profesional Guru dalam menangani proses pembelajaran.
2. Melakukan pengembangan keteranpilan Guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai persoalan aktual yang dihadapinya terkait dengan pembelajaran.
3. Menumbuh kembangkan budaya meneliti di kalangan Guru.

PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Prosedur penelitian tindakan kelas merupakan proses pengkajian melalui sistem berdaur dari berbagai kegiatan pembelajaran, menurut Raka Joni (1988) terdapat lima tahapan yaitu:
Pengembangan fokus masalah penelitian
Perencanaan tindakan perbaikan
Pelaksanaan tindakan perbaikan, observasi dan interpretasi
Analisis dan refleksi
Perencanaan tindak lanjut

Bagi yang berminat Panduan membuat PTK silahkan download disini

Tips Pembuatan PTK dari Dr.H.Mulyadi HP,M.Pd Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan LPMP Jateng silahkan klik disini
Print Friendly and PDF

4 komentar:

ashadi rusdin said...

subhanallah, smg Allah sll memberi bapak kesehatan, makasi banyak atas semua ilmunya pak, betul-betul sangat bermanfaat.

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

terimakasih atas kunjungan dan comentanya, serta doa-doanya!!

Sewa Rumah said...

terima kash pak utk ilmunya

Sry rahayu said said...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan