Saturday, August 16, 2014

Rangkaian Sensor Gerak untuk Lampu kamar mandi

Rangkaian sensor gerak ini terinspirasi ketika anak-anak saya mau ke kamar mandi, kebetulan posisi saklar lampu kamar mandi agak tinggi, sehingga tinggi anak-anak tidak  bisa menjangkaunya. Sehingga kadang ketika akan ke kamar mandi harus memanggil orang tua untuk menyalakan lampu, memang keluarga saya sudah dibiasakan untuk mematikan lampu kamar mandi dan kamar yang lainnya yang tidak dipakai dan setelah selesai digunakan untuk menghemat Pulsa listrik. (bukan pelit tapi membiasakan disiplin)

dari alasan diatas maka saya ingin membuat asensor yang mendeteksi ada orang di dalam kamar mandi, sehingga ketika ada orang masuk kamar mandi, maka lampu kamar mandi akan menyala. Sehingga orang tua yang punya  tidak selalu repot untuk mematikan dan menyalakan lampu kamar mandi.

1. Yang pertama kali saya butuh kan adalah Sensor Gerak, ini saya beli di https://www.tokopedia.com/usb/pir-sensor-dengan-module dengan harga 35 ribu an klo ngk salah


2. Lalu saya buat design PCB untuk rangkaian penguat dan rellaynya, karena sensor ini hanya menghasilkan tegangan sekitar 3 Volt sehingga perlu dikuatkan, selain itu perlu adanya timer sehingga ketika objek tidak bergerak / sedang diam, lampu tidak langsung mati... tapi butuh beberapa saat / diatur dengan timer tertentu  untuk mati. Maka saya pilih IC 555 dan decade counter 4017 sebagai rangkainnya.
PCB saya design dengan PCB Wizard.



3. Membuat PCB, merangkaia dan Uji coba... dan akhirnya berhasil...


skematiknya




Lay Out Komponen







Uji Coba



Contoh pemasangan :


unduh skema PCB dan cara kerja rangkaian klik disini

unduh ulasan tentang ABL Klik disini 




Print Friendly and PDF

24 komentar:

Cuap Bam Bam said...

Ijin mampir ke blognya ya pak...

Cuap Bam Bam said...

Pak maaf mau nanya,perbedan saklar sensor gerak yang pake dua transistor ama yg pake IC itu gemana pak?

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

klo pakai transistor langsung responsip ketika mendeteksi gerakkan, klo pakai IC ada delay waktu untuk penyalaan/ON OFF nya ..yang dapat diatur dengan mudah.... dengan IC lebih stabil, daripada dengan transistor.

qym samiun said...

pak,apakah rangkaian ini dapat diaplikaskan untuk alat kran otomatis. sy mau mencoba membuat alat kran air wudhu otomatis. trima kasih sebelumnya

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

@qym saimun : bisa seklai mas... ntar gerakin solenoide valve .. bisa ambil dari mesin cuci

TUKANG GALI KUBUR said...

Pak mau tanya gmn cara bikin jalur di papan pcb nya supaya hasilnya bagus,kalau mamnual hasilnya kurang memuaskan,terimakasih pak

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

@TUKANG GALI KUBUR : coba baca postingan saya disini : http://rokhmad.blogspot.com/2014/08/membuat-pcb-mudah-dengan-ketrika-dan.html

Tegar Prastio said...

Kalo sensor ini dibuat dimobil bisa ga ya pak

Anonymous said...

Pak mau tanya, ini timernya bs nyala maksimal berapa menit? Terima kasih
Agung - Malang

Nurul Basyiroh said...

Pak mau tanya, kira kira untuk mengatur timer nya bagaimana dan estimasi biaya perakitannya berapa ya pak, untuk tugas kuliah

ilham rusfianto said...

Pak saya mau tanya ni.. saya mau pake tegangan alatny 5 v tidak 12 v pastiny saya gak pake ic 7805.. dan jumper aja.. apakah nanti bisa tu pak. Trus saya ganti res 330 ohm.dan trus komponen apa lg pak yg saya ganti ?

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

@ilham rusfianto: bisa.... tidak usah ganti ukuran komponen. pakai komponen yang ada saja. hanya saja.... Relaynya pakai yang 5 V. jangan yang 12 V.
saya sekarang klo bikin juga yang 5 v, biar hemat biaya... :)

wishnu wijanarko said...

buat timernya itu giman pak? bisa dijelaskan?

rizaq aldiano said...

Pak itu seri transistor nya apa ya ?

Gugun Gumilar said...

Kenapa harus pake timer tambahan bukannya sensor pir sudah ada timernya ditambah juga bisa disetting apakah akan nyala jika tetap ada gerakan lalu mati jika gk ada gerakan dlm waktu tertentu atau juga nyala pada saat ada gerakan pertama lalu mati walaupun ada gerakan kedua

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

@rizaq : trnya sembarang, yang penting NPN dan BCE nya bener, @gugun : ya timer bawaan PIR kurang lama, dengan raangkaian ini, timer bisa di lipatkan 10 kali lipat, dan jika sensor mendeteksi gerakan, maka timer reset.. hitung ulang, sehingga lampu tidak mati...., klo timer bawaan harus pakai mati dulu..... silahkan baca Time Chart diatas .

Anonymous said...

jadi dengan rangkaian tambahan ini lampu tidak akan mati selama ada orang di dalam kamar mandi . tidak seperti timer bawaan pir lampu akan mati kalau waktu sudah tercapai walaupun masih ada orang di dalam , jadi harus keluar kamar mandi dulu untuk mereset nya lagi.
apa benar seperti itu Pak ?

baront cobain said...

Mau tanya bos, sya mau pasang lampu tembak pakai sensor, si lampu ada 3 kabel, sensor jg 3 kabel, yg sya tanyakan, gimana cara sambung kabel nya

baront cobain said...

Mau tanya bos, sya mau pasang lampu tembak pakai sensor, si lampu ada 3 kabel, sensor jg 3 kabel, yg sya tanyakan, gimana cara sambung kabel nya

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

@baront : silahkan baca posting saya disini : http://www.rokhmad.com/2014/10/automatic-bathroom-lamp-abl-juara-2.html

ada gambar cara pasangnya

Alief Irawan said...

Daftar rangkaianya mna pak?maaf pk mau bikin

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd said...

ic 555
ic 4017
tr npn, misal c828, 9013 sesuaikan pin bce nya
led
relay 12 v 5 pin
dioda in4001
r 1k
sensor pir
elco 47 uF/16v
trimpot 100k

Anonymous said...

Maaf pak, numpang tanya, biar lampunya menyala lama gimana ya,,
Soalnya kalo delay cepat matinya juga cepat, kalo delay disetting lama nyala lampu lama dan waktu membaca lampu juga lama, jdi klo mau masuk kamar mandi pasti nungguin lama baru lampu menyala,

mochamad aldi bahij faroby said...

Maaf pak boleh minta scematicnya sama coding buat program avrnya???

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan