Wednesday, May 06, 2015

Pintu Otomatis Geser dengan PLC

Dalam rangka kegiatan Expo SMK Kabupaten Sragen yang diselenggarakan pada tanggal 11-14 Mei 2015 di GOR Diponegoro Sragen. SMK Negeri 2 SragenProgram kehalian TIPTL (Tekik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik) membuat pintu otomatis geser dengan PLC.
Pintu otomatis ini sudah generasi ke 3 dari beberapa percobaan.


Versi pertama untuk penggerak menggunakan dua buah motor 1 fasa, dan ulir untuk membuka pintu. Untuk yang versi ini, selain suaranya yang berisik, juga membutuhkan daya yang cukup tinggi sekitar 1300 watt. Sehingga ketika untuk kegiatan pameran kebutuhan daya ini kurang memenuhi.

Versi yang kedua direncanakan menggunakan Silinder Pneumatik, namun karena salah perhitungan maka pintu yang versi ini juga kurang bagus. Karena selain suara komperessornya berisik, juga butuh tekanan kompressor yang tinggi. sehingga pintu tidak dapat membuka bersama.

Untuk versi yang ketiga ini, kami menggunakan motor Power Window jendela mobil. dan hasilnya alhamdulilah cukup memuaskan, selain suara halus, juga cukup menggunakan tegangan adaptor 12 V DC. Motor power windows ini cukup kuat untuk menarik pintu.

Reflektor dan TX/RX infra red sebagai sensor masuk dan keluar

Pulley penarik tali untuk membuka pintu

PLC dan Relay

Panel kontrol

Motor Power Windows

Proximity switch sebagai sensor pintu nutup dan membuka





Tampilan pintu otomatis


Pintu ini terdiri dari 4 sensor yang terdiri dari :
1. sensor masuk (SM)
2. sensor keluar (SK)
3. sensor pintu nutup (SN)
4. sensor pintu membuka (SB)

Cara kerja pintu otomatis :
Kondisi awal pintu menutup. SM dan SK kondisi OFF,  SN ON (Kerena pintu sudah menutup) dan SB kondisi OFF.
Jika SM atau SK mendeteksi ada orang yang mendekati pintu maka akan ON, sehinga PLC memerintahkan motor untuk putar kanan (membuka Pintu) sehingga SN akan OFF dan ketika  pintu telah terbuka, maka SB akan OFF. Jika dalam waktu 5 detik tidak ada orang dideteksi oleh SM dan SK maka  pintu akan menutup sendiri secara otomatis.






Video pintu otomatis SMK N 2 Sragen







Print Friendly and PDF

1 komentar:

Admin said...

pak rohmat saya lagi experimen bikin sliding door, mohon pencerahannya ya pak jika ada kesulitan. mau tanya nih pak, Proximity switch nya yg jennis apa ya pak, bisa minta skema lengkapnya ga pak untuk pembelajaran?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan