Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

Tuesday, January 16, 2018

Ngeblog dan Budaya Literasi Guru




Tulisan saya yang dimuat di Radar Semarang-Jawa Pos pada hari Minggu, 14 Januari 2018, dan di versi online di link http://radarsemarang.com/2018/01/14/ngeblog-dan-budaya-literasi-guru/ yang menulis tentang Budaya ngeblog di kalangan guru, dan semangat Literasi Guru dizaman Internet dan gadged canggih.

dengan ngeblog seorang guru dapat berbagi informmasi, materi ajar, dan klo aktif lagi bisa mengikuti program affiliasi dan Adsense, yang sekaligus menghasilkan Uang dari internet.





contoh tampilan penghasilan adsense saya 
dari hasil ngeblog dan yutub



Berikut ini artikel asli dari tulisan saya yang dimuat di koran nya, mungkin sudah di edit oleh editor, sesuai dengan kebutuhan Redaktur :


ngeBlog dan budaya Literasi guru

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin meningkat pesat,dengan makin murahnya biaya paket data internet, dan hampir semua orang menggunakan gadged, dan terkoneksi dengan  internet setiap hari. Namun perkembangan teknologi yang pesat tersebut, dalam penggunaanya masih sekedar untuk media sosial,  dan browsing,  guru dapat memanfaatkan koneksi untuk menulis dan membuat materi pembelajaran baik untuk siswa maupun sesame guru.
Salah satu media belajar menulis guru adalah dengan menulis di Blog. Apaitu blog?  Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.(sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog)
Blog awalnya adalah catatan pribadi seseorang, buku harian seseorangg, catatan kronologis seseorang yang ditulisakan dalam web pribadi, namun dalam perkembangannya blog dapat menjadi sarana berbagi informasi, berita, diskusi, bahkan untuk menulis materi pembelajaran. 
Bagaimana membuat blog gratis ? kita dapat membuat blog gratis di penyedia layanan blog gratis misalnya www.blogger.com . Jika anda pengguna Handphone android,tinggal masukan saja gmail anda, dan klik menu “buat blog baru”, tidak sampai 5 menit anda sudah mempunyai blog. 
Banyak seseorang pintar menulis, tapi hanya di jadikan status media sosial, tapi biasanya dengan ditulis di sosial media, tulisan tersebut akan tergeser terus dengan update statusnya, padahal jika blog,tulisannya dapat menjadi sebuah artikel,dan  akan lebih mudah terdokumentasikan dengan baik.
Seorang guru misalnya dapat menulis materi yang akan di sampaikan dalam pembelajaran kedalam blog, dapat membuat catatan kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan dan telah di sampaikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas ke dalam blog, dengan demikian kegiatan pembelajaran guru akan terdokumentasikan dengan baik,mudah diakses siswa, dan dapat dicari dengan mudah.
Seorang guru dapat menambahkan penjelasan materi pembelajaran yang kurang dipahami siswa ketika disampaikan di dalam kelas, dapat di jelaskan di blog dengan gambar dan video tutorial sehingga siswa yang ingin belajar lagi dapat membuka blog untuk mencari materi pembelajaran yang disampaikan guru. Dalam sebuah blog juga terdapat kolom komentar, dimana penulis dapat berkomunikasi aktif dengan pembacanya. 
Didalam blog seorang guru juga dapat menambahkan daftar buku referensi, perangkatpembelajaran, sumber-sumber dan juga evaluasi pembelajaran.Fasilitas penyimpanan cloud yang gratis dapat memudahkan kita untuk sharing file secara online.
Dengan menulis di blog,  guru dapat saling berbagi materi pembelajaran, yang dapat dibaca oleh sesama guru, dapat saling bertukar pengalaman mengajar. Kumpulan materi pembelajaran yang di tuliskan guru kedalam blog, dapat dirangkum menjadi kumpulan materi pembelajaran, sehingga guru dapat dengan mudah mengevaluasi dan memperbaiki materi belajar yang selama ini disampaikan, bahkan kumpulan materi yang ditulis dalam blog  dapat digunakan untuk membuat sebuah buku.
Selain itu dengan sering menulis di blog, seorang guru akan terus berlatih untuk menulis, menuangkan idenya kedalam tulisan, belajar untuk berfikir kreatif dan inovatif dan yang tidak kalah penting guru harus sering membaca agar tidak kehabisan ide untuk menulis.




Penulis :ROKHMAD ASTIKA TRIPRASETIA
blog : www.rokhmad.com
email : rokhmad1980@gmail.com
Kantor : SMK NEGERI 2 SRAGEN




Share:

1 comments:

hotmail sign in said...

Your article is detailed, thanks to it I solved the problem I am entangled. I will regularly follow your writers and visit this site daily.

www.rokhmad.com

Blog edukasi Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

Blog Archive

e-learning

e-learning
Belajar mudah, dimana saja

Tryout UNBK

my Edmodo

Buku Digital

Buku Tamu

Komentar Terkini

Live Traffic

Donasi

Donasi
Donasi

Total Pengunjung