Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

Wednesday, July 11, 2018

Artikel saya yang di muat di Koran : Guru ditengah pusara google dan youtube


Artikel saya yang dimuat di Jateng Pos, 19 Mei 2018


Perkembangan teknologi saat ini, terutama teknologi informasi dan komunikasi, pertumbuhanya semakin pesat. Sangat jauh berbeda dengan zaman penulis yang lahir tahun 1980 an, dimana kala itu, sarana komunikasi sangat jarang ditemukan, Jangankah warnet dan internet, bahkan wartel sebagai satu-satunya sarana telekomunikasi, sangat jarang ditemui, bahkan di tingkat Kecamatan sekalipun.
Namun kini, berkat kemajuan teknologi,  baik Informasi maupun Komunikasi, hampir semua orang terhubung dengan Internet. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi  Penyelenggara Internet Indoneisa (APJII) Jumlah Pengguna Internet Tahun 2017 mencapai 262 juta orang. Berkembangnya pengguna Internet di Indonesia ini sangat mempengaruhi cara belajar siswa di sekolah, dibandingkan dengan siswa jaman dahulu, inilah tantangan kita sebagi guru di zaman melek internet sekarang ini.
Sebelum perkembangan internet seperti sekarang ini, seorang guru dalam menyampaikan materi, hampir dipastikan menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa disamping buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah, karena keterbatasan informasi dan referensi yang dapat diakses oleh siswa disekolah. Bahkan untuk belajar menjelang ujian nasional, penulis ketika masih dibangku sekolah harus rela menanyakan ke kakak kelas, alumni untuk meminta soal-soal ujian tahun lalu, meminjam buku buku pelajaran dari kakak kelas dan alumni itu sudah biasa dilakukan, hal ini sangat jarang sekali dilakukan oleh siswa zaman sekarang.
Di era kemajuan teknologi dan informasi, dan murahnya akses internet, seorang siswa cukup membuka Android nya, atau dapat juga membuka laptop, hubungkan dengan wifi / thetering internet, siswa jaman sekarang tinggal membuka search engine www.google.com yang sering kita sebut dengan “mbah Google”,  siswa dapat begitu mudah mendapatkan materi pembelajaran tertentu dengan mudah, mencari kumpulan soal-soal dan pembahasannya pun dapat diperoleh dengan mudah, jika siswa membutuhkan tutorial siswa tinggal membuka Youtube, maka disajikan berbagai macam tutorial disana, buku buku pelajaran pun sangat mudah didapatkan kerena berbagai macam e-book banyak tersedia di internet. Sang guru pun dapat dengan mudah membagikan materi pembelajarannya kepada siswa melalui ebook hasil karya guru, media pembelajaran interaktif, dan latihan soal yang bisa di pelajari siswa dengan gadgednya.
Disinilah akhirnya peran seorang guru dalam pembelajaran di kelas tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar, jangan sampai ada anggapan bahwa untuk apa belajar di sekolah? kalau semua ilmu yang diajarkan oleh guru dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa dengan “mBah Google” dan Youtube, tanpa perlu guru dan tanpa sekolah. Bahkan fenomena saat ini penjelasan di Internet tentang materi pembelajaran disampaikan dengan lebih jelas, detail dan interaktif, dapat dipelajari di rumah, cukup modal jaringan internet.
Seorang guru harapannya mampu mengupgrade pengetahuannya, jangan sampai ilmu yang dimiliki guru hanya itu-itu saja, yang sangat jauh ketinggalan dengan perkembangan informasi yang terus berkembang dengan pesat dan cepat. Selain Menyampaikan materi pembelajaran, seorang guru juga berperan mendampingi siswa dalam belajar, berdiskusi dengan siswa, dan siswa pun diberikan kesempatan menyampaikan pendapatnya kepada guru, dalam pembelajaran di sekolah guru harus mampu memberikan pembelajaran tentang disiplin, etika, tatakrama dan tata tertib sebagai pendidikan karakter untuk siswa, yang jauh lebih penting daripada sekedar memberikaan pengetahuannya saja. 







Share:
Post a Comment

www.rokhmad.com

Blog edukasi Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

toko Online

Unduh Library Project

Sketch Jam Sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 1 Panel
Jam sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel
Jam dua panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel
Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel
Jam Sholat 5 Panel

Toko Kami

Blog Archive

Tryout UNBK

e-learning

e-learning
Belajar mudah, dimana saja

my Edmodo

Buku Digital

Buku Tamu

Komentar Terkini

Live Traffic

Donasi

Donasi
Donasi

Total Pengunjung