Friday, April 01, 2016

Membuat Mobil Remote Control dengan Remote TV dengan mikrokontroller atmega 326 dan H bridge L293D






Suatu hari saya jalan-jalan bersama keluarga melihat pertunjukan pasar malam di kota Sragen. Nah.. ketika melihat sebuah mainan mobil Radio remote control, anak saya tertarik untuk membeli, karena harganya cukup murah Rp. 35 ribu rupiah, mungkin karena produk china sehingga harga cukup murah. ketika saya lihar rangkaian sangat sederhana sekali, hanya ada 1 IC saja, biasanya untuk yang harga ratusan ribu dilengkapi dengan transistor.





Nah... ternyata benar, harga menntukan kualitas, baru 3 hari rangkaian RC mobil sudah rusak, tidak bisa di jalankan sama sekali, dan repotnya, semua rangkaian ada dalam 1 IC sehingga, sangat sulit untuk memperbaiki, kecuali dengan mengganti IC tersebut, dan saya yakin IC tersebut tidak ada di pasaran Indonesia, mungkin klo di negara China banyak...:)

Daripada mobil remote tersebut nganggur, maka saya buatkanlah sebuah kontrol remote mobil menggunakan Remote televisi, dengan menggunakan IC atmega 328 sebagai controllernya, dan sebagai H Bridge untuk kontrol motor, saya menggunakan IC L293D.




Langkah Pertama kali saya buat design dengan corat coret di kertas sebagai berikut :



Menyiapkan Bahan yang dibutuhkan :
1. IC Atmega 328
2. IC L293D
3. Sensor Infra red Tosp
4. Software Arduino IDE

kemudian proses perakitan dan pensolderan komponen, pastikan gunakan soket untuk IC agar soket tidak terkena panas berlebihan.






Setelah pembuatan Hardware selesai dilanjutkan dengan pembuatan Program, disini saya menggunakan software Arduino IDE, dimana Board Arduino saya adalah Board Arduino UNO R3.



Masukkan Sketch dengan menggunakan Arduino IDE, untuk mengecek kode Tombol Remote TV. Sketch dapat diunduh disini
Setelah sketch dimasukkan, klik tool--Serial monitor pada software Arduino IDE, kemudian tekan remote dan arahkan pada Sensor IR. Maka dilayar akan tampil kode tombol remote yang ditekan.




Setelah kode remote di catat, masukkan ke dalam sketch kedua, dapat di klik disini.


Uji coba dulu di board Arduino Uno R3




Setelah Uji coba di board Arduino UNO R3, pasang IC di Sysmin buatan sendiri.














Rangkaian siap untuk digunakan, nah yang jadi masalah, batrenya untuk mikrokontroller minimal tegangannya harus 5 V, disini sementara saya menggunakan power bank.








Tombol fungsi remotenya adalah seperti gambar :

  • Tombol Up= maju
  • Tombol Down = mundur
  • Tombol Right = Kanan
  • Tombol Left = Kiri
Video Uji Coba







Print Friendly and PDF

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan