Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

Monday, October 05, 2020

PJJ DARING, RASA LURING



Akhir-akhir ini, ketika pandemi Corona melanda negeri ini, para guru mulai terbiasa dengan istilah Daring, dan Luring. Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia istilah Daring artinya dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Sedangkan Luring artinya luar jaringan; terputus dari jejaring komputer. Kondisi sekarang ini sekolah-sekolah, harus ditutup, dan para peserta didik dilarang berkumpul dan masuk sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar, sehingga sebagian besar sekolah harus melaksanakan pembelajaran secara Daring. Guru harus bekerja ekstra untuk mengubah pola mengajar yang sebelumnya dirancang secara Luring, harus dirubah menjadi Daring.

Dalam kenyataannya, saat ini masih ada sebagian besar guru yang cara mengajar daring masih sama dengan mengajar secara luring, sehingga Kegiatan belajar mengajar yang seharusnya Daring, tapi rasa Luring. Sebagai contoh guru teralalu banyak melakukan kegiatan mengajar dengan metode ceramah di video conference, dimana seharusnya kegiatan video conference dilakukan seefektif mungkin, karena melihat kondisi peserta didik yang berbeda-beda baik kondisi sosial, jaringan internet, perangkat gadgednya dan lain-lain.

Ketika pandemi seperti ini, seorang guru harus mempertimbangkan tugas  belajar apa yang diberikan kepada peserta didiknya, yang berbeda seperti halnya dalam situasi normal, dengan mempertimbangkan fasilitas belajar di rumah setiap peserta didik yang tidak sama dengan fasilitas belajar yang ada di sekolah. Yang terpenting dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah peran seorang guru untuk membuat peserta didiknya bersemangat untuk belajar, senang untuk belajar, tidak tertekan baik fisik maupun psikisnya.

Salah satunya yaitu guru dalam menyampaikan materi harus lebih kreatif, terutama dalam membuat media atau bahan ajar, dan meluangkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan materi pembelajaran, sehingga peserta didik akan tertarik untuk belajar, meskipun tidak bertemu dengan gurunya. Pembelajaran yang efektif dan terencana juga perlu dilakukan guru, karena keterbatasan waktu pembelajaran, sehingga harus diatur langkah-langkah pembelajaran yang efektif dan detail sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Guru membuat prioritas materi pembelajaran, yang akan dipelajari peserta didik secara daring tidak harus semua materi dari silabus di sampaikan semuanya,sehingga peserta didik tidak akan di bebani materi yang terlalu banyak.

Yang tidak kalah penting adalah jangan terlalu banyak tugas kepada peserta didik, karena konsep belajar dirumah berbeda dengan belajar di sekolah. peserta didik belajar dirumah agar terjaga dari pandemi virus Covid-19, jangan sampai guru memberikan tugas yang dapat meyebabkan peserta didik sibuk dengan tugas-tugas, atau bahkan menyebebkan peserta didik harus keluar rumah untuk membuat tugas sekolahnya.

Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi, juga sangat mutlak harus dikuasai guru. Proses pembelajaran meskipun disebut daring, tapi masih "rasa" nya masih konvensional / luring, Keterbatasan kemampuan guru menggunakan teknologi untuk pembelajaran secara online tidak bisa disulap hanya dengan latihan beberapa kali.

Dari semua hal yang dituliskan diatas, selain sekolah dan guru, tidak dapat dipungkiri peran orang tua juga sangat penting demi kesuksesan pembelajaran secara daring, baik pendampingan, pembimbingan dan penyediaan fasilitas belajar bagi peserta didik.


Artikel ini telah terbit di Suara Merdeka Rabu Kliwon 16 September 2020 disini


Share:

0 comments:

www.rokhmad.com

Blog edukasi Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

toko Online

Unduh Library Project

SKETCH JWSD ESP

kumpulan sketch JWSD 1000 M

kumpulan sketch JWSD 1000 M
kumpulan sketch JWSD 1000 M

Kumpulan Sketch JWSD

JWSD 2 Panel Full Bluetooth

JWSD 2 Panel Full Bluetooth
JWSD 2 Panel Bluetooth

JWSD 3 panel Bluetooth

JWSD 3 panel Bluetooth
JWSD 3 panel Bluetooth

Sketch JWS 4 Panel, Bluetooth Kontrolled

Sketch JWS 4 Panel, Bluetooth Kontrolled
JWSD- 2019 NEW ! !

Sketch Jam Sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 1 Panel
Jam sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel
Jam dua panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel
Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel
Jam Sholat 5 Panel

Toko Kami

Daftar isi

Blog Archive

Tryout UNBK

e-learning

e-learning
Belajar mudah, dimana saja

my Edmodo

Buku Digital

Buku Tamu

Komentar Terkini

Live Traffic

Donasi

Donasi
Donasi

Total Pengunjung