Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

Monday, August 21, 2017

Jenis-jenis Saklar Manual (Pengantar Instalasi Motor Listrik)

Saklar Manual 

Saklar manual ialah saklar yang berfungsi menghubung dan memutuskan arus listrik yang dilakukan secara langsung oleh orang yang mengoperasikannya. Dengan kata lain pengoperasian saklar ini langsung oleh manusia tidak menggunakan alat bantu. Sehingga dapat juga disebut saklar mekanis. Pada saat saklar memutus dan menghubung, pada kontak saklar akan terjadi percikan bunga api terutama pada beban yang besar dan voltase yang tinggi. Karena itu gerakan memutus dan menghubung saklar harus dilakukan secara cepat sehingga percikan bunga api yang terjadi kecil. Dengan saklar ini motor listrik dapat dihubungkan langsung dengan jala-jala (direct on line), atau dapat pula saklar ini digunakan sebagai starter (alat asut) pada motor-motor listrik 3 fase daya kecil


1. Saklar SPST (Single Pole Single Throw Switch) 

Saklar SPST adalah saklar yang terdiri dari satu kutub dengan satu arah, Fungsinya untuk memutus dan menghubung saja. Saklar jenis SPST ini hanya digunakan pada motor dengan daya kurang dari 1 PK.


2. Sakelar SPDT (Single Pole Double Throw Switch) 

Saklar SPDT adalah saklar yang terdiri dari satu kutub dengan dua arah hubungan. Saklar ini dapat bekerja sebagai penukar. Pemutusan dan penghubungan hanya bagian kutub positif atau fasenya saja.

3. Saklar DPST (Double Pole Single Throw Switch) 

Saklar DPST adalah saklar yang terdiri dari dua kutub dengan satu arah. Jadi hanya dapat memutus dan menghubung saja.


4. Saklar DPDT (Double Pole Double Throw Switch) 

Saklar DPDT adalah saklar yang terdiri dari dua kutub dengan dua arah. Sakelar jenis ini dapat bekerja sebagai penukar. Pada instalasi motor dapat digunakan sebagai pembalik putaran motor arus searah dan motor satu fase. Juga dapat digunakan sebagai pelayanan dua sumber voltase pada satu motor.

5. Saklar TPST (Three Pole Single Throw Switch) 

Saklar TPST adalah sakelar dengan satu arah pelayanan. Digunakan untuk melayani motor 3 fase atau sistem 3 fase lainnya.

6. Saklar TPDT (Three Pole Double Throw Switch) 

Saklar TPDT adalah saklar dengan tiga kutub yang dapat bekerja ke dua arah. Saklar ini digunakan pada instalasi motor 3 fase atau sistem 3 fase lainnya. Juga dapat digunakan sebagai pembalik putaran motor 3 fase, layanan motor 3 fase dari dua sumber dan juga sebagai starter bintang segitiga yang sangat sederhana.

7.Saklar Drum Switch

Saklar Drum Switch adalah saklar yang mempunyai bentuk seperti drum dengan posisi handle (tangkai) penggerak memutus dan menghubung berada di ujungnya. Drum Switch digunakan pada motor-motor kecil sebagai penghubung motor dengan jala-jala (sumber voltase). Jenis saklar ini banyak dipakai pada industri dan perbengkelan. Drum Switch biasanya dipasang pada dinding mesinnya. Pada bagian bawah sakelar terdapat lubang untuk pemasangan konduit

8.Cam Switch (Saklar Putar Cam) 

Saklar ini adalah salah satu jenis dari sakelar manual. Cam Switch banyak digunakan dalam rangkaian utama pada rangkaian kontrol. Misalnya untuk hubungan bintang segitiga, membalik putaran motor 1 fase atau motor 3 fase. Alat ini terdiri dari beberapa kontak, arah pemutaran dan sakelar akan mengubah kontak-kontak menutup atau membuka dan beroperasi dalam satu putaran.
1) pemutar (handle),
2) plat dengan simbol pengoperasian,
3) mekanis yang berputar yang menentukan langkah putaran sakelar.


9. Push button 

Push button merupakan suatu jenis saklar yang banyak dipergunakan dalam rangkaian pengendali dan pengaturan. Saklar ini bekerja dengan prinsip titik kontak NC atau NO saja, kontak ini memiliki 2 buah terminal baut sebagai kontak sambungan. Sedangkan yang memiliki kontak NC dan NO kontaknya memiliki 4 buah terminal baut.


Push button akan bekerja bila ada tekanan pada tombol dan saklar ini akan memutus atau menghubung sesuai dengan jenisnya. Bila tekanan dilepas maka kontak akan kembali ke posisi semula karena ada tekanan pegas.

Push button pada umumnya memiliki konstruksi yang terdiri dari kontak bergerak dan kontak tetap.

Dari konstruksinya, maka Push button dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu:

1) Tipe NO 
Tombol ini disebut juga dengan tombol start karena kontak akan menutup bila ditekan dan kembali terbuka bila dilepaskan. Bila tombol ditekan maka kontak bergerak akan menyentuh kontak tetap sehingga arus listrik akan mengalir.


2) Tipe NC 
Tombol ini disebut juga dengan tombol stop karena kontak akan membuka bila ditekan dan kembali tertutup bila dilepaskan. Kontak bergerak akan lepas dari kontak tetap sehingga arus listrik akan terputus.

3) Tipe NC dan NO 
Tipe ini kontak memiliki 4 buah terminal baut, sehingga bila tombol tidak ditekan maka sepasang kontak akan NC dan kontak lain akan NO, bila tombol ditekan maka kontak tertutup akan membuka dan kontak yang membuka akan tertutup.

Share:

2 comments:

Penny said...

Thanks for telling this story.

Hamba allah said...

Mau nanya dong...saklar yang digerakkan otomatis melalui tekanan, posisi, ataupun temperatur.disebut saklar??

About me

About me
Tentang Saya

www.rokhmad.com

Blog edukasi Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

toko Online

SKETCH JWSD ESP

VIDEO PERAKITAN JWSD WIFI

Unduh Library Project jws 1000m

kumpulan sketch JWSD 1000 M

kumpulan sketch JWSD 1000 M
kumpulan sketch JWSD 1000 M

Kumpulan Sketch JWSD

JWSD 2 Panel Full Bluetooth

JWSD 2 Panel Full Bluetooth
JWSD 2 Panel Bluetooth

JWSD 3 panel Bluetooth

JWSD 3 panel Bluetooth
JWSD 3 panel Bluetooth

Sketch JWS 4 Panel, Bluetooth Kontrolled

Sketch JWS 4 Panel, Bluetooth Kontrolled
JWSD- 2019 NEW ! !

Sketch Jam Sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 1 Panel
Jam sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel
Jam dua panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel
Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel
Jam Sholat 5 Panel

Toko Kami

Daftar isi

Blog Archive

Tryout UNBK

e-learning

e-learning
Belajar mudah, dimana saja

my Edmodo

Buku Digital

Buku Tamu

Komentar Terkini

Live Traffic

Donasi

Donasi
Donasi

Total Pengunjung