Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

Thursday, January 24, 2019

Siap Hadapi RI 4.0 dengan 4C




Ilmu pengetahuan dan teknologi banyak mengalami perkembangan sejak mulai generasi pertama ketika tenaga manusia dan hewan digantikan dengan ditemukannya mesin uap, yang mampu merubah dan meningkatkan roda perekonomian pada saat itu. Teknologi terus berkembang dengan ditemukannya listrik, motor pembakaran,  sehingga ditemukannya mobil,  pesawat terbang canggih, kenddaraan tanpa awak, peralatan rumah serba otomatis, sebagai awal mulainya revolusi industri generasi kedua. Teknologi digital dan internet muncul di pada era revolusi industri ke tiga, dan saat ini kita sedang menuju revolusi Industri  generasi keempat, atau sering disebut dengan Revolusi Industri 4.0 (RI 4.0) yang ditandai dengan munculnya superkomputer, kendali teknologi via jaringan internet,  neuroteknologi dapat membantu manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak, software-softwfware baru yang mampu menggantikan peran manusia dalam melaksanakan pekerjaan. Datangnya  Revolusi Industri 4.0 tidak lagi persaingan antara tenaga kerja manusia dengan manusia lagi, tetapi persaingan antara manusia dengan mesin. Dengan datangnya  teknologi baru dan meningkatnya kecerdasan buatan yang akan mengurangi peran dan pekerjaan manusia di sebuah industri atau perusahaan.
Harus ada perubahan cara belajar, berfikir, bertindak untuk mengembangkan inovasi kreatif di berbagai bidang, untuk menekan angka pengangguran di Indoneisa khususnya dalam menghadapi persaingan global di era RI 4.0
Guru harus mampu untuk berubah, dalam meghadapi era Revolusi Industri  4.0, yang harus dipersiapkan oleh guru antara lain :

Guru harus melek komputer
Sebagian besar guru kita masih menggunakan paradigma Revolusi Industri  3.0 dimana masih menggunakan teknologi yang sangat sederhana dalam dunia digital. Hanya sedikit guru generasi milenial yang lahir diatas tahun 2000-an yang diharapkan mampu menjadi motor penggerak bagi dunia pendidikan dalam menghadapi Revolusi Industri  4.0 yang serba digital

Digitalisasi konten pendidikan
Guru harapannya mampu mengubah konten media pembelajaran dari model tradisional berbasis kertas, menjadi konten digital,  selain mudah dalam penyimpanan, tetapi konten digital mudah dalam distribusi, pencarian konten, dan dapat diupdate dengan mudah.

Sistem pembelajaran Online
Sistem pembelajaran online  atau sering dikenal dengan Learning Management System atau biasa disingkat dengan LMS merupakan perangkat lunak yang digunakan dalam pembelajaran digital, sehingga memudahkan seorang guru dalam memanajemen kegiatan pembelajaran online.

Walaupun teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat, dan sumber belajar sangat mudah diperoleh,  namun peran guru sebagai tenaga pendidik tidak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi tersebut, karena tugas utama seorang guru adalah untuk mendidik, membimbing, mengajar, melatih, mengarahkan, menilai dan melakukan evaluasi peserta didik.

Guru tidak boleh hanya menyalahkan kuatnya dan cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi, tapi kita sebagai guru harus mampu mengoptimalkannya mencari sisi positifnya, jangan takut dengan dampak negatifnya.

Siswa-siswi yang kita hadapi sekarang ini merupakan generasi Z, siapa generasi Z itu? Generasi Z adalah generasi yang  lahir dimana teknologi internet sudah ada, dan menjadi kebutuhan sehari-hari, sehingga generasi ini sudah sangat akrab dengan internet dan gadget terbaru. Bahkan gadget tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, saat ini dapat digunakan untuk belajar, mencari ide dan hobi, searching informasi, mencari inspirasi dan lain-lain. Sehingga sekolah harus mampu bertransformasi dan mampu menggandeng teknologi untuk melayani siswa dalam belajar.

Perkembangan saat ini, sudah mulai bergeser persepsi seseorang tentang pekerjaan, sudah banyak lulusan sekolah dan universitas, sudah tidak lagi mengejar status pekerjaan, namun sudah banyak generasi muda yang memilih untuk bekerja, apapun pekerjaannya, yang penting halal dan menghasilkan. Kelemahan pekerja diindonesia antara lain yang pertama lemahnya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, padaham di era Revolusi Industri 4.0 ini manusia hampir tidak bisa lepas jaringan internet. Kelemahan yang kedua adalah karakter dan etos kerja yang kurang kuat, dan yang keetiga penguasaan bahasa asing yang masih lemah. Inilah yang menjadikan tenaga kerja di Indonesia masih kalah bersaing dengan tenaga kerja asing.

Sekarang ini sudah mulai terjadi penggunaan teknologi  hampir semua bidang, tenaga konvensional  diganti dengan sistem otimasi baru, yang lebih mudah dan, praktis, serta layanan prima.
Generasi saat ini yang dibutuhkan tidak hanya ijazah dan pintar saja, tetapi juga harus menguasai 4C yaitu Creativity, Critical Thingking and Problem Solving,  Collaboration, dan Communication.

Creativity
Creativity atau Kreatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan, generasi saat ini diharapkan mampu memiliki daya cipta, ide-ide baru dalam menciptakan Startup baru, maka generasi inilah yang akan mampu menghadapi era Revolusi Industri 4.0

Critical Thingking and Problem Solving
Ini merupakan kemampuan seseorang untuk berfikir secara cerdas dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Para profesional yang paling sukses adalah seseorang yang mampu  menganalisis situasi, merancang solusi, dan akhirnya menang dalam skenario kompetitif

Collaboration
Collaboration (Kolaborasi) merupakan proses dua atau lebih orang atau organisasi yang bekerja bersama untuk menyelesaikan tugas atau mencapai suatu tujuan tertentu, dengan saling bekerjasama maka pekerjaan akan cepat terselasaikan dan hasilnya akan optimal. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Communication
Teori komunikasi menyatakan bahwa komunikasi melibatkan pengirim dan penerima (atau penerima) yang menyampaikan informasi melalui saluran komunikasi, dan saat ini komunikasi sudah sangat cepat, dimanapun kita berada kita bisa berkomunikasi, dan terhubung dengan siapa saja. Kemampuan dan penguasaan Teknologi Informasi dan komunikasi inilah yang harus kita kuasai.



Share:

0 comments:

www.rokhmad.com

Blog edukasi Tutorial, Pendidikan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan.

toko Online

Unduh Library Project

Sketch Jam Sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 1 Panel
Jam sholat 1 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel

Sketch Jam Sholat 2 Panel
Jam dua panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 3 Panel
Sketch Jam Sholat 3 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel

Sketch Jam Sholat 5 Panel
Jam Sholat 5 Panel

Toko Kami

Blog Archive

Tryout UNBK

e-learning

e-learning
Belajar mudah, dimana saja

my Edmodo

Buku Digital

Buku Tamu

Komentar Terkini

Live Traffic

Donasi

Donasi
Donasi

Total Pengunjung